Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Bencana Kapal Selam Nyata Meningkatkan Popularitas Game Horor

Bagaimana sebuah game horor bernama Iron Lung menjadi populer setelah terjadi bencana kapal selam nyata. Pelajari lebih lanjut tentang game ini, insiden yang terjadi, dan masa depan game-game kapal selam.

Insiden Kapal Selam OceanGate

Pada tanggal 18 Juni 2023, sebuah kapal selam wisata yang dioperasikan oleh OceanGate, perusahaan yang menawarkan perjalanan eksplorasi lautan dalam, menghilang saat melakukan penyelaman ke reruntuhan kapal Titanic. Kapal selam yang membawa lima orang tersebut kehilangan kontak dengan permukaan setelah menyelam hingga sekitar 13.000 kaki.

Operasi pencarian besar-besaran dilakukan oleh Penjaga Pantai AS dan lembaga lainnya, tetapi hingga saat ini tidak ada jejak kapal selam atau penumpangnya yang ditemukan. Satu-satunya petunjuk adalah beberapa suara samar yang terdeteksi oleh sonar, tetapi asal dan maknanya masih belum jelas.

Insiden OceanGate telah menarik perhatian publik dan media, karena merupakan salah satu bencana kapal selam terburuk dalam sejarah. Banyak orang mengikuti pembaruan berita dan berharap ada keajaiban. Beberapa orang juga penasaran bagaimana rasanya terjebak di lingkungan yang gelap dan tidak ramah, tanpa jalan keluar dan tanpa bantuan yang datang.

Game Iron Lung

Salah satu cara yang dicoba oleh beberapa orang untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka dan menghadapi ketakutan mereka adalah dengan bermain game video bernama Iron Lung. Game ini, yang dirilis pada bulan Mei 2023 untuk platform PC dan Switch, adalah game horor yang menempatkan pemain dalam peran seorang survivor kecelakaan kapal selam.

Pemain harus menggunakan kapal selam kecil untuk menjelajahi samudera berdarah, di mana makhluk-makhluk mengerikan dan rahasia-rahasia yang mengerikan mengintai. Grafis game ini disengaja dengan resolusi rendah dan pixelated, menciptakan rasa klaustrofobia dan ketidakpastian. Satu-satunya cara untuk melihat apa yang ada di luar kapal selam adalah dengan mengambil foto menggunakan kamera, yang memiliki jangkauan dan kualitas terbatas.

Pengembang game, David Szymanski, mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh ketertarikannya pada kapal selam dan cintanya pada game horor. Ia mengatakan bahwa ia ingin membuat game yang membuat pemain merasa terisolasi dan rentan, sambil juga menawarkan misteri dan intrik. Ia mengatakan bahwa ia tidak mengharapkan game-nya menjadi begitu populer atau relevan setelah insiden OceanGate.

Lonjakan Penjualan Game Iron Lung

Menurut Steam Charts, sebuah situs web yang melacak jumlah pemain dan penjualan game Steam, Iron Lung mengalami peningkatan popularitas yang signifikan setelah tanggal 20 Juni, hanya dua hari setelah insiden OceanGate. Jumlah pemain per hari meningkat dari rata-rata sekitar 100 pemain menjadi lebih dari 1.000 pemain per hari. 

Game ini juga naik ke posisi teratas dalam daftar penjualan terbaik Steam, mencapai 10 besar di beberapa wilayah. Szymanski mengaku terkejut dan berterima kasih atas lonjakan minat mendadak terhadap gamenya. Ia juga berharap game-nya tidak dianggap tidak peka atau mengeksploitasi tragedi OceanGate.

"Iron Lung tidak didasarkan pada atau terkait dengan insiden OceanGate dalam bentuk apa pun," katanya. "Ini adalah game horor fiksi yang saya buat sebagai proyek pribadi. Saya hanya memiliki rasa hormat dan simpati terhadap korban dan keluarga mereka, dan saya berharap mereka akan ditemukan dalam keadaan selamat. Saya juga berharap orang-orang yang bermain game saya akan menikmatinya sebagai hiburan dan bentuk pelarian, bukan sebagai simulasi atau ejekan dari situasi kehidupan nyata."

Szymanski mengatakan bahwa ia berencana untuk menyumbangkan sebagian dari keuntungannya dari Iron Lung kepada badan amal yang mendukung konservasi dan penelitian lautan.

Masa Depan Game Kapal Selam

Iron Lung bukan satu-satunya game yang menampilkan kapal selam atau eksplorasi bawah air. Ada banyak game lain yang menawarkan perspektif dan pengalaman yang berbeda dalam lautan dalam, seperti Subnautica, SOMA, Barotrauma, Diluvion, Abzu, dan lainnya. 

Beberapa game ini realistis dan edukatif, sementara yang lain fantastis dan imajinatif. Ada yang damai dan menenangkan, sementara yang lain tegang dan menakutkan.

Popularitas Iron Lung dan game kapal selam lainnya menunjukkan bahwa ada permintaan dan minat untuk genre game ini. Seiring dengan kemajuan teknologi dan aksesibilitas VR yang semakin meningkat, game kapal selam dapat menjadi lebih imersif dan realistis. Namun, mereka juga bisa menghadapi tantangan etika dan moral, karena dapat dianggap tidak peka atau tidak menghormati bencana kapal selam nyata atau masalah lingkungan.

Game kapal selam merupakan cara unik untuk menjelajahi dan mengalami keajaiban dan teror di lautan. Mereka juga dapat menjadi sarana untuk mengatasi atau mengekspresikan emosi dan ketakutan seseorang terhadap lautan. Apakah mereka terinspirasi oleh atau memengaruhi peristiwa kehidupan nyata, game kapal selam akan terus menarik dan menantang para pemain yang ingin tahu tentang apa yang tersembunyi di bawah permukaan laut.

Sumber:

1. cnn.com
2. bbc.co.uk
3. abcnews.go.com
4. bbc.com
5. theverge.com

Posting Komentar untuk "Bagaimana Bencana Kapal Selam Nyata Meningkatkan Popularitas Game Horor"